Berikan Akses Kesehatan Yang Baik Bagi Masyarakat, Bupati Nias Raih Penghargaan UHC Award

  • Whatsapp
4.3
(7)

JAKARTA-KATANIAS.CO.ID

Pemerintah Kabupaten Nias, Provinsi Sumatera Utara kembali meraih penghargaan di tingkat Nasional. Kali ini mendapat penghargaan pada bidang kesehatan, yaitu penghargaan Universal Health Coverage Awards 2023 dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau BPJS Kesehatan Republik Indonesia.

Piagam penghargaan yang bertajuk “Wujud nyata komitmen Pemda dalam mendukung program Jaminan Kesehatan Nasional bagi masyarakat indonesia,” diterima Bupati Nias, Yaatulo Gulo yang diserahkan langsung oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dengan disaksikan Menteri PMK, Menteri Keuangan, Kepala Bappenas, Direktur BPJS Kesehatan dan Ketua Dewan Jaminan Sosial Nasional di Balai Sudirman, Tebet, Jakarta Selatan, Selasa 14/03/2023, siang kemarin.

Penghargaan UHC awards ini bisa diraih lantaran lebih dari 95% penduduk Kabupaten Nias sudah terdaftar sebagai peserta Jaminan Kesehatan Nasional yang memastikan setiap warga dalam populasi memiliki akses yang adil terhadap pelayanan kesehatan, promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif bermutu dengan biaya terjangkau. Dimana, kriteria yang diberikan penghargaan, yakni Pemerintah Daerah yang telah mencapai cakupan kepesertaan minimal 95 persen peserta JKN dibandingkan jumlah penduduk dan yang sudah melakukan integrasi Jamkesda dengan mendaftarkan kepesertaan Pemerintah Daerah ke dalam Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) Pemerintah Daerah sesuai ketentuan peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2018, Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 84 Tahun 2022 tentang penyusunan APBD tahun 2023 serta inpres Nomor 1 Tahun 2022.

Seperti diketahui, daftar Pemerintah Daerah yang telah mencapai Universal Health Coverage (UHC) dengan kepesertaan lebih dari 95 persen penduduk sampai dengan tanggal 1 Maret 2023 dan telah mendaftarkan penduduknya dalam segmen PBPU Pemda secara keseluruhan di wilayah Indonesia terdapat 22 Provinsi dan 334 Kabupaten/Kota. Dan di wilayah provinsi Sumatera Utara ada 20 Kabupaten/Kota yang telah mencapai Predikat Universal Health Coverage dimana salah satunya adalah Kabupaten Nias.

Dalam laporannya, Direktur Utama BPJS Kesehatan Ali Gufron menyampaikan ucapan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Gubernur, Bupati dan Walikota yang telah turut mendukung dan menjalnkan komitmen program JKN yang sudah dimulai sejak tahun 2014.

” Saya sampaikan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Gubernur, Bupati dan Walikota yang telah mendukung program JKN. Dan saya berharap agar pemerintah Daerah yang telah mencapai pedikat UHC supaya terus mempertahankan predikat yang telah diraih hari ini dan juga memastikan kepesertaan JKN aktif bagi masyarakat diwilayah masing-masing serta bersama-sama memastikan peningkatan mutu layanan di fasilitas kesehatan yang melayani peserta JKN sehingga jaminan kesehatan bagi penduduk dapat terlaksana dengan baik,” imbuh Ali Gufron

Sementara itu, Bupati Nias Yaatulo Gulo SE, SH, M.Si menyampaikan rasa terimakasih kepada BPJS atas penghargaan yang diterima. “Saya berterimakasih kepada BPJS dan lebih khusus kepada pemerintah Kabupaten Nias atas capaian ini karena lebih dari 95 persen warga Kabupaten Nias telah tercover dengan Jaminan Kesehatan Nasional melalui BPJS,” ungkapnya

Selaku orang nomor satu di Kabupaten Nias, Yaatulo Gulo menyampaikan rasa terimakasih juga kepada pemerintah pusat yang telah mbantu Pemkab Nias sebanyak 41.000 melalui APBN dan Pemerintah Provinsi Sumut sebanyak kurang lebih 6000 jiwa serta pemerintah Kabupaten mengcover kurang lebih 15.000 jiwa dan juga kepada seluruh masyarakat melalui program mandiri. Oleh sebab itu, mudah-mudahan dengan tingginya jaminan kesehatan yang tercover melalui BPJS maka kesehatan masyarakat Kabupaten Nias meningkat sesuai misi kedua Kabupaten Nias yaitu : Pendidikan, Kesehatan dan sumberdaya manusia beranjak, pungkasnya.

“Sekali lagi kepada semua pihak terutama Dinas Kesehatan, Puskesmas dan terlebih-lebih kepada BPJS kami ucapkan terimakasih atas nama Pemerintah Kabupaten Nias. Kiranya hal ini kita tingkatkan trus kedepan sehingga masyarakat Kabupaten Nias lebih sehat lagi dan lebih sejahtera dihari-hari yang akan datang,” imbuh politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan itu usai menerima piagam penghargaan UHC Awards.#red

Berikan Rating anda.

Click on a star to rate it!

Average rating 4.3 / 5. Vote count: 7

Pos terkait