Tarik Dana Reguler Tahap II, Pemdes Ombalata Sisarahili Gelar Musdes

  • Whatsapp
5
(2)

Nias-Katanias, co.id
Pemerintah Desa Ombalata Sisarahili Kecamatan Hiliduho Kabupaten Nias Provinsi Sumatera Utara, melaksanakan Musyawarah Desa dalam rangka turunnya Dana Desa reguler Tahap II dan Silpa Tahun 2022 dan sekaligus penyaluran BLT, bertempat di kantor Desa Ombalata Sisarahili, Senin, 03/7/2023 kemarin. Sekira pukul 09:00 wib, pagi hari.

Dalam kata pembukaan yang disampaikan Kasi Kesra mengungkapkan, sesuai dengan surat undangan yang kami edarkan pada hari ini, tentang pembahasan Musyawarah Desa dalam hal turunnya Dana Desa Ombolata Sisarahili reguler tahap ke II, khusus kegiatan Fisik Tahun Anggaran 2023. Yakni, pengaspalan jalan yang akan dikerjakan oleh Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) dari ruas jalan Ombolata Sisarahili menuju SD Ombolata Sisarahili, SMP Negeri 3 Hiliduho, Kantor Desa Ombolata Sisarahili, Pemukiman warga dan Desa Banua Sibohou III Kecamatan Alasa Talumuzoi Kabupaten Nias Utara, yang berukuran sepanjang 315 meter dan Lebar 3 meter, bersumber dari Dana Desa TA 2023. Sebesar pagu anggaran Rp. 67.229,000, dan Silpa TA 2022. sebesar Rp.171. 429,000. yang di realisasikan di lapangan. Tambahan, seusai rapat ini nanti ada juga pembagian BLT bagi KPM,” ucap, Otani Waruwu.

Mewakili Lembaga BPD Ombolata Sisarahili oleh ketua BPD, Sinema waruwu mengungkapkan, selaku BPD Ombolata Sisarahili, menyambut baik kegiatan ini dan juga mengapresiasi dan berterimakasih kepada Pemerintah Desa. Namun, kami berharap semoga kegiatan fisik yang akan dikerjakan oleh TPK agar bisa disesuaikan dengan APBDes TA 2023, yang telah kita tetapkan bersama dalam Musyawarah Desa,” bebernya.

Kata Sambutan tokoh masyarakat Desa Ombolata Sisarahili, Gelisati Waruwu yang turut hadir, menyampaikan dalam sambutannya, kami sebagai masyarakat Desa sangat mendukung hal ini dan berterimakasih kepada pemerintah Desa atas jeripayahnya selama ini,” imbuhnya dalam sambutan singkatnya.

Sementara itu, Mewakili PDTI Kecamatan Hiliduho, Agus Jaya Mendrofa, ia menyampaikan sesuai surat undangan dalam rangka turunnya Dana Desa reguler tahap II dan Silpa Tahun 2022 sudah kita dengar bersama materi serta pelaksanaan telah disampaikan kepada kita semua. Untuk itu, kami dari sisi pendamping Kecamatan mengapresiasi dalam kegiatan ini karena Dana Desa sudah ditarik untuk tahap II dan akan direalisasikan dilapangan bersama masyarakat dan agar di sesuaikan dengan Rencana Anggaran Biaya (RAB) yang sudah dibuat sebelumnya dan kalau memang ada yang berbeda dari RAB awal maka kita adakah musyawarah bersama,” tegasnya

Dalam arahan dan bimbingan Kepala Desa Ombalata Sisarahili, menyampaikan sesuai yang di jelaskan oleh kasi kesra tadi, terkait turunnya Dana Desa tahap ke II khususnya kegiatan fisik yang akan di kerjakan oleh TPK di lapangan. Oleh sebab itu, wajib kami memberitau kepada masyarakat dikarenakan penting peran masyarakat dalam kegiatan dana desa. Tentunya, kita harus sepakati bersama dan harus kita jadwalkan kapan kita mulai pembersihan sekaligus pematokan di ruas jalan yang akan di aspal. Untuk itu, kami menghimbau kepada seluruh elemen masyarakat agar bersama-sama mengawasi pekerjaan yang dilaksanaka dan harapan kami selaku pemdes semoga jalan yang dibangun nantinya bisa dinikmati oleh masyarakat serta bermanfaat bagi warga Desa Ombalata Sisarahili dalam meningkatkan perekonomian masyarakat Desa,” ujar Tonius Waruwu.

Bukan hanya itu, Tonius menjelaskan hampir semua masyarakat Desa Ombalata Sisarahili Kecamatan Hiliduho Kabupaten Nias menerima bantuan dimasa pandemi Covid 19 ini. Untuk itu, saya berharap agar Bantuan Langsung Tunai ini dapat dimanfaatkan dengan baik dan tepat sasaran,” kata Tonius Waruwu saat menyerahkan BLT secara simbolis kepada seorang warga Desa Ombalata Sisarahili.

Selaku orang nomor satu di Desa Ombalata Sisarahili menjelaskan, tentang penyaluran BLT ADD kepada masyarakat yang bersumber dari Dana Desa Ombalata Sisarahi Tahun Anggaran 2023, Mendapatkan bantuan sebesar Rp 300 ribu setiap bulan dan diberikan setiap tri wulan sebesar 900 ribu, yakni. April, Mei dan Juni dengan penerima sebanyak 46 KK dan total anggaran sebesar Rp.41.400.000. “Saya sangat berharap, warga pergunakan sebaik mungkin dan tepat sasaran bantuan yang ada,” ujarnya.

Tampak hadir dalam rapat tersebut, Kepala Desa Ombolata Sisarahili beserta jajarannya, Lembaga BPD, PDTI Kecamatan Hiliduho, PLD, dan warga serta penerima BLT para hadirin lainnya. #lefi waruwu

Berikan Rating anda.

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 2

Pos terkait